Dasar - Dasar Microsoft Office Word untuk Pemula



TEKNOTenar.com Microsoft Office Word merupakan sebuah Program Aplikasi yang biasa digunakan untuk keperluan seperti surat – menyurat, membuat narasi, deskripsi ataupun dokumen – dokumen lain yang lebih mengutamakan pada pengolahan kata.

Adapun langkah – langkah untuk membuka Program Microsoft Office Word bisa dilakukan dengan tiga cara :

  1. Pada Layar Utama / Wallpaper, Cari Logo Microsoft Word -> Klik 2x
  2. Dari Layar Utama, Klik Logo Windows -> All Program -> Microsoft Office -> Microsoft Office Word -> Klik 1x.
  3. Tekan di Keyboard Logo Windows + R, ketikan WINWORD, tekan Enter.
Terdapat beberapa menu dasar pada program aplikasi Microsoft Office Word ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menu HOME, diantaranya untuk mengatur Huruf ( font ), seperti Jenis Huruf, Ukuran Huruf, Warna, Huruf Tipis / Tebal ( bold ), Huruf Miring ( italic ), Garis Bawah ( underline ) dan sebagainya. Mengatur Paragraf seperti rata kiri ( align text left ), paragraf rata kanan ( align text right ), paragraf rata tengah dan paragraf rata kiri kanan ( justify ). Mengatur font case, spasi antar karakter, spasi antar baris, Bullet dan Numbering. Pada menu ini juga terdapat fitur Find dan Replace yang berfungsi untuk mencari dan mengganti kata yang diinginkan.
  • Menu PAGE LAYOUT, diantaranya untuk mengatur margin yaitu batas atas, bawah, kiri dan kanan kertas atau lembar kerja, mengatur ukuran kertas dan orientasi kertas.
  • Menu INSERT, diantaranya untuk menambahkan gambar, Word Art, Shape, Drop Cap, Text Box, Catatan Kepala ( Header ), Catatan Kaki ( Footer ),  Nomor Halaman dan lain sebagainya.
  • Menu MAILING, biasanya digunakan untuk memasukan kata yang berbeda sesuai yang telah ditentukan kedalam satu dokumen berulang. Misalnya untuk penulisan alamat berbeda pada satu surat yang sama, sehingga ketika proses pencetakan surat yang sama akan tercetak dengan nama - nama yang telah dibuat sebelumnya.

Selain menu – menu tersebut ada fitur lain yang tidak kalah penting dalam aplikasi Microsoft Office Word, yaitu Fungsi Tabulasi. Tabulasi sendiri berfungsi untuk mengatur setiap baris dalam suatu paragraf dan meluruskan teks. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. First Line Indent -> untuk mengatur baris pertama paragraf yang dipilih.
  2. Hanging Indent -> untuk mengatur selain baris pertama paragraf yang dipilih.
  3. Left Indent -> untuk mengatur semua baris paragraf yang dipilih.
  4. Left Tab -> untuk mengatur tabulasi rata kiri.
  5. Right Tab -> untuk mengatur tabulasi rata kanan.
  6. Center Tab -> untuk mengatur tabulasi rata tengah.
Nah, itulah beberapa fungsi dasar Microsoft Office Word, intinya dalam memahami sebuah aplikasi baik itu aplikasi komputer maupun android ialah berani mencoba. Perbanyak Membaca panduan dari mana saja. Take Action! Cobalah dan jangan takut salah, jika salah coba lagi sampai benar, jika sudah benar lakukan terus sampai anda mahir. Semoga membantu.

Baca Juga :

Salam Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Dasar - Dasar Microsoft Office Word untuk Pemula"