Cara Menghilangkan Iklan Video Membandel di HP Android, Work 100% untuk Semua Merk !



TEKNOTenar.com - Seperti yang kita tahu bahwa sistem operasi android tidak pernah lepas dari apa yang namanya iklan, bahkan dari brand paling terkenal sekalipun pasti pernah bahkan sering menyaksikan iklan tiba - tiba muncul hehehe...

Banyak yang mengira bahwa sistem android yang banyak iklan adalah MIUI, ya... memang jawaban itu tidak salah karena sistem MIUI dari Xiaomi memang di desain untuk memunculkan iklan di aplikasi bawaan mereka seperti pemutar video, pemutar musik, aplikasi cuaca, kalender bahkan tema MIUI. Namun, apakah brand lain anggap saja Samsung, Oppo, Vivo dan sejumlah brand terkenal lain akan terbebas dari iklan? Jawabannya tentu saja tidak.

Hal ini karena beberapa alasan seperti dijelaskan dibawah ini :

Pendapatan dari iklan : Android sebagai sistem operasi gratis dan terbuka, mengandalkan pendapatan dari iklan untuk menjalankan bisnisnya. Beberapa aplikasi gratis pada Android juga bergantung pada iklan untuk menghasilkan pendapatan.


Model bisnis aplikasi : Banyak aplikasi pada Android yang gratis untuk diunduh, namun pengembangnya membutuhkan pendapatan untuk menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, pengembang menggunakan model bisnis berbasis iklan untuk menghasilkan pendapatan.


Penggunaan data : Beberapa aplikasi di Android menggunakan data pengguna untuk menampilkan iklan yang lebih relevan dan menarik bagi pengguna. Dengan menggunakan informasi tentang lokasi, preferensi pengguna, dan riwayat penelusuran, iklan dapat disesuaikan agar lebih relevan dan efektif.

Baca Juga : Penyebab Sinyal Lemah di Android dan Cara Mengatasinya !

Dalam jumlah dan keadaan tertentu, iklan di aplikasi android memang tidak masalah karena model bisnis android memang seperti dijelaskan dalam ketiga uraian diatas, iklan android yang normal adalah ketika iklan tersebut muncul saat kita membuka aplikasi gratisan yang kita download melalui toko aplikasi, baik itu Play Store, Samsung App, maupun GetApp milik Xiaomi, namun yang menjadi masalah adalah ketika iklan tersebut tiba - tiba muncul dalam bentuk video dan tidak mengenal waktu, bahkan saat kita tidak membuka aplikasi apapun alias hp dalam keadaan stanby.

Bayangkan saja ada beberapa kasus yang HP nya tiba - tiba memutar iklan dalam bentuk video ketika saat menghidupkan HP, saat membuka kunci layar, saat scrolling aplikasi bahkan saat melakukan panggilan telepon, hal tersebut tentu sangat mengganggu sekali bukan?


Nah, bagaimana cara efektif mengatasi hal tersebut ?

Beberapa orang mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan hard reset alias mengembalikan setting atau pengaturan hp ke setelan pabrik, namun hal tersebut terkadang malah menambah masalah, seperti hilangnya data - data penting pengguna bahkan yang lebih parah adalah kehilangan akses masuk ke akun sebelumnya karena lupa password.

Dalam artikel ini TEKNOTenar akan memberikan solusi jitu bagaimana cara mengatasi alias menghilangkan iklan sampai ke akar - akarnya tanpa melakukan reset pabrik dengan mudah dan cepat.

Namun sebelum ke caranya terlebih dahulu kita harus mengetahui sebenarnya apa yang menyebabkan iklan video itu terus - menerus tampil di hp kita dan apa yang harus kita lakukan untuk menghentikan iklan tersebut.


Beberapa penyebab sering muncul iklan di HP android adalah sebagai berikut :

Sering melakukan download Aplikasi di situs tidak resmi / google

Banyak pengguna android yang awam maupun yang sudah pengalaman namun tetap melakukan download aplikasi melalui pihak ketiga, alih - alih menginstall aplikasi melalui toko resmi Play Store mereka malah mencari dan mendownload aplikasi (biasanya dalam format APK) melalui situs - situs pihak ketiga dengan embel - embel full version, MOD dan sebagainya. Namun tanpa mereka sadari bahwa APK dari situs - situs tersebut mungkin saja mengandung malware, bisa berupa virus berbahaya atau mungkin hanya kode iklan yang nantinya akan mengarahkan pengguna ke aplikasi atau situs ketiga lainnya saat APK tersebut selesai di install dan perangkat android terkoneksi ke internet.


Sering melakukan browsing di situs - situs yang tidak aman

Biasanya sistem androd akan memberikan peringatan jika situs yang akan kita kunjungi terdeteksi spam, tidak aman dan lain sebagainya. Namun karena alasan sesuatu yang dicarinya ada dalam situs tersebut maka pengguna biasanya mengabaikan peringatan tersebut dan tetap meneruskan untuk membuka bahkan melakukan download file - file dari situs tersebut, misalnya saja situs dewasa, situs film bajakan dan aplikasi ilegal.


Terkecoh iklan palsu / Peringatan virus palsu

Berbagai macam iklan memang didesain semenarik mungkin dan memang bertujuan agar di-klik. Nah, termasuk juga iklan berbentuk peringatan virus palsu yang biasanya jika di klik akan mengarahkan kita untuk mendownload sebuah aplikasi baik itu aplikasi di play store maupun di website. Peringatan virus palsu tersebut biasanya berbunyi :

"HP (merek dan tipe) anda terinfeksi 10 virus, klik tautan ini untuk membersihkan" atau

"Kontak anda akan terhapus dalam (countdown waktu), download aplikasi ini untuk membatalkan"

"HP anda beresiko, 100 virus terdeteksi..." dan sebagainya.

Nah, pengguna awam yang panik tentu akan dengan senang hati melakukan klik / download aplikasi yang mereka iklankan... dan tentu saja dengan menginstal otomatis memberikan otorisasi agar aplikasi tersebut bisa menampilkan notifikasi, menampilkan iklan video bahkan yang lebih berbahaya adalah dapat mengumpulkan data serta informasi penting pengguna.

Dan banyak faktor lainnya....


Ocreeeee.....,

baiklah saatnya kita menghentikan segala macam iklan yang mengganggu dan menjengkelkan di HP android dan ini berlaku untuk semua merek dan pasti bekerja 100%. Caranya sangat mudah dan cepat, berikut step - stepnya :


Langkah 1 : Matikan Data Internet

Langkah pertama dari cara ini adalah mematikan data internet, karena biasanya iklan akan muncul jika perangkat terkoneksi dengan data internet, maka langkah pertama adalah mematikan data internet bahkan kalau perlu mode pesawatkan atau lepaskan sementara kartu SIM yang tertancap di perangkat android.


Langkah 2 : Hapus Aplikasi Mencurigakan

Setelah data internet dimatikan dan kartu SIM dikeluarkan maka segera masuk ke setting / pengaturan dan masuk ke opsi aplikasi lalu pilih manajemen aplikasi. Nah, pada opsi manajemen aplikasi ini pilih opsi lanjutan, biasanya ada di titik tiga dibagian samping kanan atas lalu pilih sembunyikan aplikasi sistem, hal ini berguna agar nantinya aplikasi yang akan kita hapus bukanlah aplikasi sistem.

Pada langkah ini maka akan terlihat daftar aplikasi yang nantinya akan kita cek satu persatu atau langsung saja kita analisa aplikasi apa saja yang sudah kita download, cek aplikasi yang terinstall dengan sendirinya dan langsung saja hapus tanpa basa - basi, terlebih jika aplikasi tersebut tidak pernah kita install namun memiliki ukuran besar dan penggunaan data yang besar.

Baca Juga : Kelemahan dan Kekurangan Redmi Note 12 yang Bikin Gak Jadi Beli !

Hapus semua aplikasi yang mengatasnamakan aplikasi sistem, misalnya adalah : Pembersih, Penyedot debu sederhana, aplikasi layar kunci, aplikasi pemulihan data dan sebagainya....

Analisa ini sangat penting karena aplikasi sistem sudah kita sembunyikan maka seharusnya tidak akan ada lagi aplikasi dengan nama yang sama dengan aplikasi sistem, kalaupun ada maka dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi sumber iklan video yang menjengkelkan tersebut.

Semakin besar ukuran aplikasi dan penggunaan data yang dipakai maka semakin besar juga kemungkinan bahwa aplikasi tersebut adalah biang keroknya, maka langsung saja hapus...

Waspada juga dengan aplikasi tanpa ikon atau dengan ikon yang transparan, biasanya terletak di paling bawah. temukan mereka dan hapus.


Langkah 3 : Berikan defender melalui DNS

Untuk banyak kasus, menghapus aplikasi biang kerok yang kita temukan di daftar aplikasi pada manajemen aplikasi android akan menyelesaikan masalah, namun bukan tidak mungkin suatu saat iklan tersebut kembali lagi.

Nah, untuk menyiasatinya kita akan melakukan defend melalui jaringan DNS pribadi, caranya adalah dengan masuk ke setting - pilih menu jaringan lalu pilih koneksi dan berbagi - masuk ke DNS pribadi kemudian aktifkan, setelah itu maka ubah setelan DNS nya menjadi : dns.adsguard.com lalu simpan.

Terakhir silakan restart perangkat dan dijamin iklan yang tadinya tiba - tiba muncul akan hilang sampai ke akar - akarnya hehehe...'

Nah, kalau masih kurang jelas juga silakan tonton video tutorial dari channel youttube TEKNOTenar dibawah ini :



Semoga setelah memahami artikel ini tidak akan ada masalah lagi dengan iklan mengganggu yang tiba - tiba muncul, baik saat stanby, scroling sosial media bahkan melakukan panggilan telepon hehehe...

Nah, itulah cara mengatasi, menghentikan dan menghilangkan iklan video membandel di semua merek android dengan cepat dan mudah dan dijamin work sampai 100%.

Selamat mencoba dan salam admin TEKNOTenar.com, smart tekno for smart people.






Post a Comment for "Cara Menghilangkan Iklan Video Membandel di HP Android, Work 100% untuk Semua Merk !"