5 Kelebihan Domain ID untuk Website dan Toko Online



TEKNOTenar.com - Pemilihan nama domain merupakan awal dari kesuksesan sebuah website, apalagi jika website tersebut digunakan untuk berjualan atau sebagai toko online.
Alamat website menarik diikuti domain yang bagus tentu menjadi nilai tambah tersendiri dimata pengunjung dan calon kunsumen, oleh karena itu memilih domain untuk toko online sangat penting dan harus diperhatikan dengan cermat.

Di Indonesia sendiri pilihan domain yang tersedia sangat beragam, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Namun admin sarankan jika website Anda masih menggunakan domain gratisan untuk segera melakukan perubahan ke domain premium, meskipun berbayar namun sangat worth it karena segudang kelebihannya.

Domain memiliki ekstensi yang merupakan akhiran dari URL atau alamat website. Ekstensi domain yang paling banyak digunakan yaitu .com, .net, .org., .info, dan .id. Salahsatu domain terbaik di Indonesia adalah .ID. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan domain .ID untuk website dan toko online yang mungkin saja belum Anda ketahui.


1. Melambangkan Identitas Indonesia
Domain ID adalah domain khusus yang berasal dari Indonesia dan hanya bisa digunakan di Indonesia. Oleh karena itu, dengan memilih domain ID, website atau toko online Anda akan lebih dikenal sebagai website Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia dan menyediakan produk atau jasa dari Indonesia.


2. Website Lebih Kredibel
Dalam dunia bisnis, tingkat kepercayaan konsumen sangat penting. Domain ID melambangkan bahwa website atau toko online Anda adalah asli berasal dari Indonesia dan proses mendapatkannya tidak semudah domain lain. Dalam hal kepemilikan domain, ketika hendak menggunakan .ID harus melengkapi beberapa dokumen tambahan disamping KTP penanggung jawab.

Domain ID tersedia untuk pribadi maupun perusahaan dan tentu saja untuk menggunakannya perlu menambahkan beberapa dokumen pendukung yang resmi, seperti akta pendirian perusahaan dan sebagainya sehingga akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap website Anda.

Apalagi sekarang ini toko online abal - abal dan tidak bertanggung jawab semakin menjamur, mereka menjual produk palsu dan menipu konsumen dengan website yang dibuat sama dengan website aslinya.


3. Akses Lebih Cepat
Seperti yang sudah diketahui bahwa domain ID berasal dari Indonesia, dalam hal ini tentu saja menggunakan server nasional yang dikelola sendiri di Indonesia. Dengan demikian, akses ke website Anda akan lebih cepat dibandingkan dengan domain jenis lain sehingga akan menambah kenyamanan konsumen yang mengunjungi website Anda.


4. Mendapat Perlindungan Hukum
Karena dalam mendapatkan domain ID memerlukan identitas dan dokumen resmi, maka website dengan domain ID akan didata oleh PANDI atau Pengelola Nama Domain Indonesia untuk mendapatkan perlindungan hukum dari aksi - aksi pembobolan dan peretasan yang merugikan pemilik dan pengunjung. Namun dengan demikian, website Anda juga harus tunduk dan patuh pada ketentuan hukum di Indonesia. Apabila ketahuan melanggar, maka PANDI berhak menegur bahkan menghapus website Anda.


5. Banyak Varian dari Domain ID
Selain ID, ternyata banyak varian dari domain yang satu ini. Janis domain ini digunakan berdasarkan kebutuhan dan tujuan dari website itu sendiri. Beberapa jenis dari domain ID adalah sebagai berikut :

WEB.ID - Domain WEB.ID ini lebih umum digunakan karena cocok untuk didaftarkan sebagai kebutuhan domain website secara personal.

SCH.ID - Domain SCH.ID biasanya digunakan oleh website milik sekolah di Indonesia, seperti website situs SD, SMP, dan SMA.

MY.ID - Penyebutan “my” pada ekstensi domain MY.ID menggambarkan kepentingan personal dari website yang dibuat. Oleh karena itu, ekstensi ini kerap kali dipakai untuk kebutuhan pribadi (sebagai contoh adalah blog pribadi). Salahsatu website dengan domain MY.ID adalah seperti Website Kampung Marga Laksana yang berisi informasi seputar Desa Gapura Suci, Berita Viral, Kesehatan dan Teknologi.

AC.ID - Domain AC.ID (Academy Indonesia) adalah sebuah ekstensi domain khusus untuk website sebuah perguruan tinggi atau universitas di Indonesia.

CO.ID - Domain CO.ID (Company Indonesia) merupakan ekstensi Domain ID yang paling populer. Domain ini paling umum digunakan oleh sebuah perusahaan atau brand yang ingin membangun website terpercaya dengan jaminan legalitas hukum yang memadai. Salah satu contoh perusahaan Indonesia yang menggunakan ekstensi domain CO.ID adalah Exabytes Indonesia (https://www.exabytes.co.id/). 

GO.ID - Domain GO.ID (Government Indonesia) diperuntukkan bagi situs website milik lembaga serta instansi pemerintahan sipil di Indonesia. Bagi instansi pemerintah yang hendak membuat website dengan ekstensi GO.ID perlu mendaftar terlebih dahulu pada situs yang dikelola oleh KOMINFO yaitu domain.go.id.

OR.IDDomain OR.ID biasanya dipakai oleh website milik berbagai komunitas dan organisasi asal Indonesia (baik organisasi sosial, pemuda, politik, kemasyarakatan, atau lainnya). Singkatan “OR” pada domain merupakan kepanjangan dari “organization”.


Nah, itulah 5 kelebihan domain ID untuk website dan toko online yang akan membuat pengunjung dan calon konsumen merasa nyaman karena memiliki akses lebih cepat dan tentu saja aman karena identitas dan pemilik website ID adalah resmi dan dipantau lansung oleh PANDI.

Post a Comment for "5 Kelebihan Domain ID untuk Website dan Toko Online"