Nokia Ketupat Reborn, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 7610 5G Terbaru



TEKNOTenar.com - Nokia merupakan sebuah merk dagang raksasa dibidang teknologi yang mendunia, bagaimana tidak, pada zamannya Nokia berhasil menelurkan banyak HP berkualitas yang laris dipasaran lewat sistem operasi Symbian yang terbilang canggih pada masanya. Selain mempunyai build quality terbaik, Nokia juga terkenal dengan desain - desainnya yang fresh, kreatif dan elegan. Maka tidak heran jika Nokia pernah menduduki posisi atas di pasaran HP.

Hampir semua majalah dan buletin menyuguhkan desain hp Nokia keluaran terbaru beserta harganya yang terbilang cukup mahal pada saat itu, bahkan seri N dan E dapat menyentuh harga sampai dua digit.

Sobat mungkin masih ingat dengan desain Nokia yang menyerupai ketupat. Ya, Nokia 7610 merupakan hp Nokia dengan desain paling inovatif karena baru Nokia yang mengeluarkan desain seperti itu. Garis tepi hitam atau merah dengan lampu keypad berwarna biru yang cantik jika dipakai pada malam hari.

Penampakan Nokia 7610 pada awal perilisannya tampak seperti gambar dibawah ini :


Nokia 7610 yang rilis tahun 2004 ini merupakan salah satu hp Nokia paling laris pada masanya, bahkan hp secondnya pun banyak diburu bahkan dijual kembali dengan harga yang lumayan.

Seperti yang kita semua tahu, pamor Nokia mulai menurun sejak kemunculan hp tounchscreen dengan sistem operasi Android dan iOs bahkan sempat bangkrut karena kalah saing dipasaran. Nokia juga sempat diakusisi Microsoft dan menghasilkan Windows Phone pertama di dunia. Namun karena kurangnya minat masyarakat serta kalah pamor dengan brand - brand lain yang memakai sistem operasi Android dan iOS lagi - lagi membuat project Windows Phone pun tidak dilanjutkan.

Tidak putus asa dengan keadaan, Nokia mencoba bangkit kembali secara perlahan tapi pasti. Dibawah naungan HMD Global Nokia mulai memproduksi smartphone dengan sistem operasi Android. Keputusan tersebut disambut baik oleh pasar, terlebih para fans Nokia yang sempat merasakan kualitas Nokia di masa lalu. Mereka antusias saat Nokia berkiprah kembali di industri ponsel.

Selain memproduksi ponsel cerdas seperti Nokia G10, G20, G50, X100, XR20 dan lainnya, Nokia juga mempertahankan produksi untuk Featured Phone atau ponsel jadul yang diperbaharui teknologinya.

Tidak sampai disitu, baru - baru ini viral di media sosial tentang Nokia Edge 2022 dan Nokia 7610 5G yang bakal segera rilis. Nah berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Nokia Ketupat yang terlahir kembali di tahun ini.



1. Desain
Desain merupakan hal utama dan terpenting bagi sebagian orang, karena desain dapat menentukan look suatu barang dan menciptakan rasa bangga saat menggunakannya. Berbicara mengenai desain, ponsel pintar ini tampil dengan body yang terlihat tegas dan presisi. Nokia 7610 5G hadir dengan tetap mengadopsi desain ala ketupat Nokia 7610 keluaran tahun 2004 silam. Tentu dengan banyak pembaruan tampilan juga teknologi terbaru yang dibenamkan didalamnya.


2. Layar
Dari segi display, Nokia 7610 5G menggunakan panel OLED seluas 6,7 inch super bening dan cantik sehingga akan mempermudah dalam pengoperasian maupun menambah kepuasan dalam menikmati konten hiburan. Layar Nokia 7610 5G ini akan sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game maupun bersosial media. Selain itu layar Nokia 7610 ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 7 sebagai proteksinya, sehingga tidak perlu khawatir dengan goresan - goresan yang akan merusak keindahan ponsel ini.


3. Chipset
Chipset atau SoC (System on Chip) dapat disebut juga sebagai dapur pacu merupakan komponen terpenting pada sebuah smartphone, karena melalui chipset inilah seluruh data diolah sehingga dapat menampilkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan. Nokia 7610 versi 2022 ini dilengkapi dengan Chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 888 dengan dukungan dual 5G pada kedua slot SIM cardnya.


4. Media Penyimpanan
Chipset gahar tentu tidak lengkap tanpa media penyimpanan (RAM & ROM) yang memadai. HMD Global tampaknya mengerti akan hal tersebut, oleh karenanya Nokia 7610 dilengkapi dengan RAM 8/12 GB dan ROM sebesar 128/256 GB yang memungkinkan kamu untuk menyimpan banyak data seperti foto, video maupun file - file game yang terbilang lumayan besar. Media penyimpanan yang besar juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone agar semakin gesit, apalagi Nokia 7610 5G ini sudah berjalan di sistem operasi Android 12 sebagai basisnya, dan disini Nokia tampaknya tidak terlalu banyak memodifikasi UI dari Android 12 ini sehingga performanya akan lebih seperti Android murni yang smooth dan clean.


5. Kamera
Sejak saya memakai Nokia X002 dengan system operasi symbian, kamera Nokia tidak pernah mengecewakan. Meski pada kelas terendahnya sekalipun, kamera Nokia akan tampak jernih dengan tingkat saturasi dan color balance yang tidak berlebihan seperti efek kamera pada smartphone kekinian. Ya, sedikit mirip dengan kualitas kamera Sony Xperia yang memang mantap.

Mungkin dapat dibayangkan kualitas kamera pada Nokia 7610 5G yang memiliki fitur semi flagship ini, dibekali dengan sistem Quad kamera belakang beresolusi 108 MP OIS kamera utama, 24 MP kamera ultra wide, 13 MP Micro dan 2 MP depth sensor. Selain itu, Nokia membenamkan dual kamera depan beresolusi 64 dan 12 MP yang memungkinkan merekam video dan berselfie ria semakin seru.


6. Baterai
Sebagus apapun desain serta spesifikasi sebuah smartphone, tidak akan memuaskan pengguna jika baterainya berkapasitas kecil. Nah, yang menarik dari Nokia ini adalah dari kapasitas baterai yang digunakan yakni sebesar 6700 mAh. Dengan baterai sebesar itu maka tidak perlu khawatir kehabisan daya jika membawa Nokia 7610 ini saat bepergian.

Selain daya baterai yang besar, Nokia 7610 ini juga sudah dilengkapi dengan fast charging sebesar 33 Watt yang membuat pengisian baterai semakin cepat.


7. Fitur Unggulan
Sebagai smartphone keluaran terbaru yang ditujukan untuk mengambil hati fans Nokia khususnya, maka tidak heran Nokia 7610 memiliki segudang fitur unggulan yang saat ini terbilang wajib ada pada sebuah smartphone. Diantara fitur tersebut seperti adanya NFC, Gyro anti delay, Face ID, Under Display Fingerprint, Compass, Accelerometer dan Barometer.
Selain itu Nokia 7610 5G ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP69 Water Resistant, sehingga dapat menahan tekanan air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.

Selain fitur unggulan diatas, nama brand Nokia sudah terkenal dengan build qualitynya yang ciamik, meskipun nokia tidak sefenomenal dulu namun untuk urusan build quality tetap nokia juaranya.

Seperti yang sudah disebutkan pada nomor 4 diatas bahwa Nokia 7610 berjalan di Sistem Operasi Android 12 yang ternyata adalah salahsatu Project Android One, yang berarti akan dapat pembaruan sistem operasi selama 2 tahun dan mendapat update patch keamanan selama 3 tahun kedepan.


Nah, bagaimana tertarik untuk meminang Nokia ketupat ini?
Menurut berbagai media, harga Nokia 7610 5G ini berkisar diangka Rp. 6.000.000,-
Sebuah harga yang masuk akal jika melihat spesifikasi yang ditawarkan dan mengingat ini adalah brand Nokia.

Namun tentu saja harga tersebut dapat berubah sewaktu - waktu, harga di Indonesia tentu akan berbeda jika Nokia 7610 ini benar - benar dirilis dan masuk secara resmi dikarenakan pajak bea cukai dan lain sebagainya.

Nah itulah sekilas mengenai spesifikasi lengkap dan harga Nokia 7610 5G terbaru, semoga smartphone ini bukan hanya sekedar rumor dan HMD Global dapat melahirkan kembali seri - seri Nokia yang sempat berjaya pada masanya.







Post a Comment for "Nokia Ketupat Reborn, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 7610 5G Terbaru"