10 Nama Domain Tertua di Indonesia


TEKNOTenar.com - Domain merupakan alamat dari sebuah website di seluruh dunia, tanpa domain sebuah web tidak akan terdaftar dan tidak mungkin dapat diakses. Penggunaan domain dimulai sejak tahun 1980-an, saat itu sudah banyak universitas maupun perusahaan besar berdiri namun belum banyak yang menggunakan website atau blog untuk brandingnya.

Seiring waktu dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, mereka mulai menyadari pentingnya penggunaan website untuk membangun branding ataupun sekadar berbagi informasi hingga sarana marketing untuk meningkatkan penjualan.

Setelah mengatahui tentang kelebihan domain ID untuk website dan toko online, maka kali ini admin akan membagikan nama - nama domain tertua di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa kepemilikan nama domain diatur menurut pendaftar atau pembeli pertama dan hal itu berlaku di seluruh dunia, oleh kerana itu tidak akan ada dua nama dengan domain yang sama persis.

Berikut ini adalah nama - nama domain tertua di Indonesia beserta Universitas, Organisasi maupun Perusahaan sebagai pemiliknya.


1. Universitas Indonesia
Pada urutan pertama domain tertua di Indonesia di akusisi oleh Universitas Indonesia yakni UI.AC.ID yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 1 Januari 1995 pukul 13:20:58. Universitas Indonesia (UI) juga salah satu lembaga yang ikut memutuskan atau menentukan siapa yang bertanggung jawab atas administrasi nama domain di negara Indonesia yaitu .ID melalui ccTLD (Country Code Top Level Domain Indonesia) kepada ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

2. PT. Telekomunikasi Indonesia
Lanjut pada urutan kedua ada TELKOM.CO.ID yang merupakan nama domain milik PT Telkom Indonesia yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 18 Mei 1995 pukul 13:23:14. Seperti yang kita tahu bahwa PT Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan Internet Service Provider tertua di Indonesia. Sampai saat inipun PT. Telkom terus menyediakan layanan internet dan produk digital lainnya sehingga menjadikannya salahsatu perusahaan internet terbesar di Indonesia.

3. Institusi Teknologi Bandung
Lanjut pada urutan ketiga ada ITB.AC.ID yang merupakan nama domain milik Institut Teknologi Bandung yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 18 Mei 1995 pukul 13:26:57. Pendaftarannya hanya berbeda beberapa menit dari PT.Telkom diatas. Seperti halnya Universitas Indonesia, Institusi Teknologi Bandung ini juga ikut mengambil keputusan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas administrasi nama domain di negara Indonesia melalui ccTLD kepada ICANN.

4. Universitas Islam Indonesia
Lanjut pada urutan keempat ada UII.AC.ID yang merupakan nama domain milik Universitas Islam Indonesia yang juga didaftarkan dan dibuat pada tanggal 18 Mei 1995 pukul 13:32:26.

5. PT. Rahajasa Media Internet
Lanjut pada urutan kelima ada RAD.NET.ID yang merupakan nama domain milik PT. Rahajasa Media Internet yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 18 Mei 1995 pukul 13:35:37. RADNET merupakan salah satu perusahaan Internet Service Provider tertua di Indonesia, namun keberadaan sekarang tidak dapat dipastikan karena dikabarkan mengalami kebangkrutan setelah kisruh dengan pihak Mengkominfo (BAKTI).

6. Universitas Gadjah Mada
Lanjut pada urutan keenam ada UGM.AC.ID yang merupakan  nama domain milik Universitas Gadjah Mada yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 12 Juli 1995 pukul 13:20:58.

7. PT. Indosat Mega Media
Lanjut pada urutan ketujuh ada INDOSAT.NET.ID yang merupakan nama domain milik PT Indosat Mega Media yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 15 Februari pukul 13:29:48. Seperti halnya, PT Indosat Mega Media juga merupakan salah satu perusahaan Internet Service Provider tertua di Indonesia. Saat ini Indosat M2 merupakan anak perusahaan dari PT. Indosat Tbk.

8. Universitas Airlangga
Lanjut pada urutan kedepalan ada UNAIR.AC.ID yang merupakan nama domain milik Universitas Airlangga yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 7 Mei 1996 pukul 13:20:59.

9. PT. Elga Yasa Media
Lanjut pada urutan kesembilan ada ELGA.NET.ID yang merupakan nama domain milik PT. Elga Yasa Media yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 8 April 1997 pukul 13:23:50. PT. Elga Yasa Media juga merupakan salah satu perusahaan Internet Service Provider tertua di Indonesia yang masih eksis sampai saat ini.

10. PT. Indoglobal Jejaring Solusi
Sementara itu diurutan kesepuluh ada INDOGLOBAL.COM yang merupakan nama domain milik PT Indoglobal Jejaring Solusi yang didaftarkan dan dibuat pada tanggal 11 Oktober 1997 pukul 04:00:00. PT Indoglobal Jejaring Solusi merupakan salah satu perusahaan Web Hosting tertua di Indonesia yang masih eksis sampai saat ini. Kelebihan PT. Indoglobal ini adalah selain memiliki server sendiri juga tidak menggunakan pihak ketiga dalam mengimplementasikannya, bahkan klien dapat meminta fitur - fitur tertentu sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin memulai membangun sebuah website berkualitas, maka mulailah dengan membeli domain. Untuk Cara membeli dan Merubah Domain TLD dapat dibaca pada artikel ini. Namun bagi pemula seperti admin, harga domain ID masih terbilang mahal belum lagi jika harus menyewa hosting, maka dari itu manfaatkanlah yang gratisan dahulu atau pinjam saja uang di Situs Pinjaman Online Terpercaya Terdaftar OJK sebagai modal awal awok3x.


Nah itulah 10 Nama Domain Tertua di Indonesia yang masih dapat diakses sampai saat ini, selain itu universitas dan perusahaan terkait pun semakin barjaya adanya. Adapun untuk nomor 5 diatas, artikel tentang kepailitan PT. Rahajasa Media Internet dapat dilihat disini.

Semoga bermanfaat dan salam admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno, Smart People.

1 comment for "10 Nama Domain Tertua di Indonesia"