Ternyata Mudah, Pakai Cara Ini Agar Blog Diterima Adsense Dengan Cepat



TEKNOTenar.com - Membuat blog pada awalnya mungkin bertujuan untuk sekadar berbagi informasi dan sharing seputar kehidupan pribadi di Internet agar dapat dinikmati oleh orang lain sekaligus memperluas lingkaran pertemanan di jagat maya.
Namun sebenarnya selain sekadar untuk berbagi informasi dan menyalurkan hobi menulis, kegiatan blogging juga ternyata bisa menghasilkan uang dengan bekerjasama dengan para advertiser atau pengiklan melalui platform periklanan, sebut saja misalnya Google AdSense, Adsterra, MGID dan sebagainya.
Namun untuk mulai menghasilkan dollar dari blog lewat Google AdSense, tentunya ada syarat - syarat tertentu yang harus dipenuhi setiap calon publisher blog. Selain itu, perlu diketahui bahwa syarat dan ketentuan setiap media periklanan bisa saja berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu perlu diperhatikan dengan seksama sebelum memilih media periklanan yang akan sobat jadikan partner.
Pada halaman resmi Google mengenai kebijakan AdSense sendiri sebenarnya sudah dijelaskan dengan detail mengenai persyaratan apa saja agar sebuah blog diterima AdSense, namun dengan tidak ada ukuran khusus mengenai syarat yang disebutkan google membuat sobat blogger pemula yang sedang membangun blog kesulitan dalam mendapatkan approved dari AdSense ini.
Nah mungkin saja sobat yang mampir ke blog TEKNOTenar.com ini sedang bimbang karena beberapa hal dibawah ini :
  • Bingung karena blog ditolak terus menerus oleh pihak AdSense?
  • Visitor blog sudah stabil tapi blog tidak kunjung approved?
  • Blog ditolak monetisasi dengan alasan low value content?
  • Dan sebagainya ...
Namun apapun istilah yang muncul pada kolom penolakan sobat, intinya sobat sedang mencari - cari cara bagaimana agar blog diterima AdSense agar mulai menghasilkan.
Nah, disini admin akan membagikan pengalaman sekaligus memberikan tips yang setidaknya dapat membuat kemungkinan blog sobat diterima AdSense lebih besar. Disini admin bukan suhu, bukan ahli apalagi master blogger, admin sama - sama pemulanya dengan sobat hanya saja kebetulan blog ini sudah diterima AdSense maka dari itu Saya ingin membagikan beberapa tips yang siapa tahu bermanfaat bagi sobat semua.
Adapun Beberapa Tips Agar Blog Diterima Adsense adalah sebagai berikut :

1. Membuat Konten Unik dan Menarik
2. Meningkatkan Trafik Pengunjung
3. Gunakan Template Responsive dan Ramah SEO
4. Gunakan Navigasi Menu yang Jelas
5. Lengkapi Profil Blog dengan Privacy Policy, About, Contact dan Sebagainya
6. Hindari Membuat Konten Terlarang
7. Rajin Update Artikel

Adapun penjelasan sederhananya adalah sebagai berikut,

1. Membuat Konten Unik dan Menarik
Google sangat menyukai jenis konten yang unik dan menarik, unik artinya berbeda dengan tulisan di blog manapun, dan menarik artinya artikel yang berisi hal - hal yang mampu menarik minat pembaca baik itu dari mulai judul sampai ke isinya.


Walaupun tema atau topik yang dibahas sama maka usahakan untuk menyampaikannya dengan gaya bahasa khas sobat masing - masing sehingga bukan tidak mungkin bahasa yang sobat sampaikan melalui tulisan akan menarik minat pembaca blog sobat dan mereka tidak segan untuk kembali ke blog sobat dilain waktu.

2. Meningkatkan Trafik Pengunjung
Jika sobat berhasil membuat artikel yang unik dan menarik, usahakan juga artikel tersebut berisikan penjelasan yang mudah dimengerti pembaca. Usahakan juga untuk membuar artikel yang sedang banyak dicari orang atau istilahnya sedang trend dikalangan netizen.


Namun perlu diperhatikan juga untuk membuat artikel trend yang sesuai dengan niche atau tema blog sobat ya, karena blog yang berisi artikel gado - gado kurang direkomendasikan untuk blogger pemula. Promosikan postingan sobat ke grup Whatsapp atau Facebook, tidak perlu malu melakukannya karena sesuatu yang baru perlu promosi untuk menggaet calon visitor blog sobat.

3. Gunakan Template Responsive dan Ramah SEO
Setiap halaman blog pasti menggunakan sebuah template blog, baik yang gratisan maupun yang premium alias berbayar. Template adalah rangkuman tampilan sebuah blog dengan susunan konten sedemikian rupa sesuai desain template tersebut. Template gratisan misalnya template yang disediakan secara otomatis saat pertama kali membuat blog, template ini juga tersedia banyak pilihannya dan sobat bisa bebas memilihnya dipengaturan lalu pilih tema.

Selain template gratis, tersedia juga template berbayar yang biasanya bisa didapatkan dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih template yaitu tingkat responsivitas yang dihasilkan ketika sebuah blog diakses pengunjung atau penggunanya. Templete dengan tingkat responsivitas tinggi tentu lebih ramah mesin pencari atau istilahnya lebih SEO Friendly dibandingkan template dengan segudang fitur bagus namun berat diakses mesin telusur. Calon pengunjung mungkin saja bakal meninggalkan blog sobat bahkan sebelum blog tersebut terbuka dengan sempurna.

4. Gunakan Navigasi Menu yang Jelas
Navigasi menu biasanya terdapat diatas halaman sebuah blog, namun ada juga yang terletak disamping kanan maupun kiri sesuai dengan tema yang digunakan. Pengunjung suatu blog tentu bertujuan untuk memperoleh informasi secepat dan seakurat mungkin, mereka tidak ingin dipusingkan dengan navigasi blog yang rumit dan tidak jelas. Oleh karena itu gunakanlah manu navigasi yang jelas dan terstruktur dengan baik agar pengguna bisa mencari artikel yang diinginkan untuk dibaca sesuai dengan kategori, label maupun tag yang mereka pilih.

Misalnya saja sobat memisahkan jenis artikel kepenulisan, tips blog dengan menu tentang kesehatan, hal itu tentu lebih disukai pengunjung maupun mesin pencari ketimbang sobat mencampurkannya pada kategori pengetahuan umum saja.

5. Lengkapi Profil Blog dengan Privacy Policy, About, Contact dan Sebagainya
Blog yang lengkap dan mempunyai informasi mendetail akan semakin disukai google, intinya dengan melengkapi informasi tersebut akan membuat blog sobat semakin mudah diterima oleh AdSense. Sebagaimana mestinya, blog merupakan tempat mencari informasi sekaligus ajang promosi, blog sobat bisa saja mendapat tawaran untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk. Oleh karena itu melengkapi profil blog dengan privacy policy, about dan contact akan memudahkan para advertiser untuk menghubungi sobat nantinya.

6. Hindari Membuat Konten Terlarang
Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa dalam mengajukan blog ke AdSense terdapat beberapa syarat umum maupun khusus yang harus dilengkapi dan ditaati oleh publisher agar blognya dapat approve oleh google, semua itu tidak terlepas dari larangan membuat konten yang mengandung kekerasan, pelecehan terhadap anak, sex bebas, praktik perbudakan, perdagangan senjata ilegal, narkotika dan obat terlarang serta konten - konten berbau dewasa lainnya.

7. Rajin Update Artikel
Tips terakhir dan yang paling ampuh adalah dengan rajin menulis serta mengupdate artikel blog sobat, meskipun jumlah artikel tidak begitu mempengaruhi diterima atau ditolaknya sebuah blog oleh AdSense, namun dengan terus rajin mengupdate artikel maka blog sobat akan dinilai bagus oleh Google dan akan meningkatkan nilai SERP dimata mesin pencari. Terlebih saat sobat melakukan pengajuan ke Google AdSense, maka usahakan selama masa peninjauan blog melakukan update artikel minimal satu artikel setiap hari atau lebih banyak lebih bagus, gunakan kaidah pada nomor - nomor sebelumnya diatas.

Sebagai contoh, blog ini memiliki setidaknya belasan artikel saja sebelum akhirnya di approve oleh AdSense dan sempat mengalami beberapa kali penolakan dengan alasan low value content. Namun dengan beberapa tips diatas blog ini akhirnya lolos dan di approve oleh AdSense.


Perlu diketahui juga bahwa penolakan bukan akhir dari segalanya, bahkan yang sudah diterimapun bukan jaminan untuk langsung merasakan penghasilan. Maka lebih baik bangun visitor blog dahulu baru kemudian melakukan pengajuan ke AdSense, agar waktu nanti diterima maka sobat tinggal fokus menulis artikel dengan jumlah visitor relatif stabil.

Nah, itulah cara agar blog diterima AdSense sesuai pengalaman admin, semoga membantu.
Salam Admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.


Post a Comment for "Ternyata Mudah, Pakai Cara Ini Agar Blog Diterima Adsense Dengan Cepat"