Perbedaan antara Postingan dengan Halaman sebuah Blog beserta Fungsinya



TEKNOTenar.com - Pada awal kita membuat blog di situs blogger, maka akan terdapat beberapa menu seperti menu postingan (post) dan halaman (page). Jika kita lihat, kedua menu tersebut sama - sama bertujuan untuk membuat suatu postingan, bahkan fitur - fitur yang terdapat di dalamnya pun hampir sama.

Meskipun tujuannya sama - sama untuk membuat postingan, namun ada beberapa perbedaan baik itu dari segi fitur maupun fungsi kedua menu tersebut. Nah, pada kali ini TEKNOTenar akan membahas perbedaan antara postingan dengan halaman pada sebuah blog beserta fungsinya.

POSTINGAN (Post)
Postingan atau Post merupakan menu tempat kita membuat suatu postingan seperti biasanya, baik itu berupa artikel, gambar, video, audio maupun gabungan diantara keempat nya, yang selalu di update setiap hari bahkan beberapa kali sehari tergantung jumlah postingan atau artikel yang dipublikasikan oleh penulis blog tersebut.

Pada menu postingan terdapat fitur - fitur yang sesuai untuk menulis sebuah artikel, misalnya jenis huruf, besar huruf, pengaturan paragraf, tebal tipis huruf, italic, underline, warna huruf, sisipkan link, gambar, video dan sebagainya. Disebelah kanan suatu postinganpun terdapat beberapa fitur untuk menambahkan Label, Tanggal Publikasi, Pengaturan Link, Tag Lokasi, Deskripsi dan Opsi Komentar.

Contoh Postingan adalah sebagai berikut :

HALAMAN (Page)
Sedangkan Halaman atau Page merupakan menu tempat kita membuat suatu postingan khusus, disebut khusus karena postingan pada suatu halaman sifatnya istimewa atau berdiri sendiri (Single Page).

Suatu halaman memang bisa digunakan untuk membuat postingan biasa seperti artikel, gambar, video, audio maupun gabungan diantara keempat nya. Namun yang membedakannya dengan menu postingan adalah bahwa menu halaman digunakan untuk membuat artikel yang sifatnya tetap atau semi tetap (dilakukan perubahan hanya jika diperlukan) dan tidak perlu diupdate setiap hari.

Pada sebuah website atau blog pasti kita pernah menemukan atau meng-klik manu - menu seperti :
  1. Daftar Isi / Sitemap
  2. Privacy Policy
  3. Disclaimer
  4. Term of Service
  5. Contact
  6. About
Nah, menu - menu diatas dibuat dengan menggunakan halaman, karena sifat dari ke-enam artikel diatas adalah tetap.

Pada menu halaman juga tidak terdapat fitur Label, Pengaturan Link dan Tag Lokasi, yang menandakan menu halaman bersifat berdiri sendiri (Single Page) dan digunakan untuk membuat artikel yang sifatnya tetap.

Nah, itulah perbedaan mendasar antara Postingan dengan Halaman sebuah Blog beserta fungsinya khususnya di situs blogger. Semoga Membantu.

Salam Smart Tekno, Smart People.



1 comment for "Perbedaan antara Postingan dengan Halaman sebuah Blog beserta Fungsinya"