Perlukah Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog? Ini Jawabannya!



TEKNOTenar.com – Bagaimanakah cara menghilangkan kode ?m=1 dan ?m=0 pada akhiran URL Blogger.

Untuk sobat pengguna platform blogger atau blogspot besutan Google, pasti pernah bahkan sering melihat kode ?m=1 atau ?m=0 pada akhiran alamat atau URL blog (beranda/homepage) ketika diakses melalui perangkat selular seperti smartphone dan tablet. Kode tersebut selalu muncul bahkan setelah sobat menggunakan custom domain.

Sebenarnya apa maksud dari kode ?m=1 dan Kode ?m=0? pada platform blogger, perlukah dihilangkan?, bagaimana cara menghilangkannya dan apa pengaruhnya terhadap SEO?

Apa itu Kode ?m=1 dan Kode ?m=0?

Sebenarnya kode ?m=1 dan Kode ?m=0? ditampilkan secara otomatis oleh sistem blogspot sebagai penanda untuk perangkat yang mengakses alamat atau URL blog tersebut. Jika kode ?m=1 yang muncul, itu menandakan bahwa perangkat yang mengakses alamat atau URL blog adalah perangkat selular seperti Smartphone dan Tablet, sedangkan kode ?m=0 merupakan tanda bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses blog adalah perangkat desktop atau PC.

Meskipun demikian, kode ?m=0 tidak akan muncul pada saat alamat atau URL blog diakses melalui computer, namun akan tetep muncul pada saat blog diakses melalui perangkat selular dengan merubah settingan ke tampilan desktop.


Selanjutnya, perlukah kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL blogger dihilangkan?

Jawabannya adalah perlu dan tidak perlu, tergantung keinginan sobat.

Kenapa saya katakana demikian?

Perlu untuk mempercantik url agar kelihatan rapi dan elegan. Contohnya saja sobat akan lebih nyaman melihat www.teknotenar.com ketimbang www.teknotenar.com?m=1. Ya, hanya sesederhana itu, meskipun beberapa blog membahas tentang terjadinya duplikat tag atau duplikat konten yang disebabkan oleh kode ?m=1 dan ?m=0. Namun sejauh ini saya belum pernah mengalaminya, terlebih penjelasan resmi dari pihak google sendiri tidak ada yang spesifik membahas tentang hal ini.

Sebenarnya lebih tepat untuk menyebutnya dengan menyembunyikan ketimbang menghilangkan, karena pada dasarnya kode tersebut tetap ada dan sobat hanya menyembunyikannya saja dari tampilan ketika user mengaksesnya.

Kemudian tidak perlu, karena pada kenyataanya pihak google sendiri pasti bukan tanpa alasan menambahkan kode tersebut pada akhiran alamat atau URL blogspot, dan selama ini tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan SEO (Search Engine Optimization)

Jika sobat merasa perlu menghilangkan kode tersebut, maka langsung saja praktekan langkah demi langkah berikut ini.

  1. Buka dashboard Blogger.
  2. Masuk ke Tema, lalu klik Edit HTML.
  3. Kemudian letakkan kode berikut diatas kode </body>

<script type='text/javascript'>

var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}

</script>

  1. Terakhir, klik Simpan. Dan lihat perubahannya.

Sekali lagi saya tegaskan, trik atau tips menghilangkan kode ?m=1 dan ?m=0 pada url blog itu tujuannya untuk memperingkas url blog, khususnya pada blogspot. Sehingga dengan menghilangkan kode tersebut akan membuat url blog terlihat singkat dan rapi.


Apa Hubungannya Kode ?m=1 atau ?m=0 dengan SEO?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa trik ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap SEO. Untuk meningkatkan SEO atau peringkat di mesin pencari yang harus sobat lakukan adalah dengan memperbaiki konten dan terus melakukan update artikel sebanyak – banyaknya, namun harus tetap diperhatikan untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu agar artikel sobat cepat terindex dan mendatangkan traffic secara organic. Ya, sobat juga perlu mempelajari bagaimana caramendatangkan traffic blog secara organic untuk meningkatkan SEO blog sobat.

Serta jangan lupa sobat harus tetap semangat dan konsisten untuk melakukan update artikel agar blog kita semakin dikenal oleh calon pengunjung. Baca dan pelajari menganai Cara meningkatkan semangat Neblog agar saat sobat menulis artikel lebih santai dan menikmatinya.

Nah, seperti itulah pembahasan menganai bagaimana cara menghilangkan akhiran ?m=1 dan ?m=0 pada akhiran alamat atau URL blog sobat, semoga membantu.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno, Smart People.

Post a Comment for "Perlukah Menghilangkan Kode ?m=1 dan ?m=0 pada URL Blog? Ini Jawabannya!"