Snapdragon 7+ Gen 2, Ini 7 Kelebihan POCO F5 yang Rilis di Indonesia


POCO F5 Indonesia


TEKNOTenar.com - Siapa tidak mengenal POCO, yups sub-brand dari Xiaomi ini telah sukses memasarkan produknya di tanah air mengikuti jejak sang empunya. Setiap satu kuartal POCO selalu membuat gebrakan yang membuat fans nya terkagum - kagum. Langsung aja to the point, pertengahan tahun 2023 ini POCO kembali menghadirkan POCO F5 yang membawa Soc Snapdragon 7+ Gen 2 pertama di Indonesia, dimana diketahui bahwa Soc ini berada hanya satu tingkat dibawah SoC flagship milik Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1 yang sudah rilis sejak tahun kemarin.

POCO F5 diperkenalkan ke publik pada 9 Mei 2023. Smartphone ini merupakan kelanjutan dari HP kelas menengah atas POCO F4. Di Tiongkok, POCO F5 dijual dengan nama Redmi Note 12 Turbo, dan saat artikel ini ditulis POCO sudah dipastikan masuk ke Indonesia dengan nama POCO F5 juga dan jelas membawa SoC Snapdragon 7+ Gen 2 yang didambakan para penikmat gadget. Kenapa demikian? Konon, SoC ini punya kemampuan yang hampir menyaingi SoC Snapdragon 8 Series keluaran 2022. Hal ini tentunya sebuah lompatan buat sebuah SoC Snapdragon 7 Series.

Baca Juga : Samsung S21 di tahun ini ? Masih Worth Kah...?

Meskipun demikian, POCO F5 tidak melulu soal performa tinggi. Ada banyak kelebihan yang dipunyai sang ponsel. Adapun Spesifikasi dan Daftar Kelebihan POCO F5 yang rilis di Indonesia adalah sebagai berikut :


1. Desain Bodi Minimalis dan Ringan

Dengan bobot hanya ada di kisaran 181 gram, POCO membawa desain baru pada POCO F5 ini. Jika sebelumnya HP POCO selalu menggunakan modul pada deretan kamera belakang, kini modul tak dihilangkan. Imbasnya penampilan POCO F5 jadi terlihat minimalis. Tonjolan lensa dari tiga kamera belakang HP ini terlihat begitu saja. Kesan minimalis juga dapat dilihat dari bezel layarnya yang cukup tipis. Urusan material bodi, POCO F5 menggunakan plastik polikarbonat pada penutup belakang dan rangkanya.

Adapun soal warna POCO F5 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Hitam, Biru, dan Putih. Ya... walaupun varian kuning yang jadi lambang HP POCO tidak hadir kali ini, dan yang paling menarik adalah varian Putih karena memiliki corak seperti embun es. HP ini telah mendapatkan sertifikasi IP53, sehingga tahan terhadap debu serta percikan air.

Baca Juga : POCO M5S vs Redmi Note 10S, benarkah kedua HP ini hanya daur ulang ?


2. Layar AMOLED 120 Hz + Corning Gorilla Glass 5

POCO F5 dibekali layar 6,67 inci dengan panel AMOLED. Resolusi layar tersebut adalah Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Layar ini mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

POCO memiliki fitur 1920 Hz PWM Dimming untuk mengurangi kedipan layar saat disetel pada level kecerahan rendah. Ada juga fitur Adaptive HDR dan dan Dolby Vision yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menonton konten video atau film HDR.

POCO juga mengeklaim, layar HP ini mampu mengeluarkan warna sesuai standar DCI-P3, dan bisa mencapai level kecerahan 1000 nit (HBM). Tampilan layarnya oke untuk konsumsi konten, main game, dan masih terlihat jelas di luar ruangan. Layar ini pun dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sebagai proteksi dari gesekan benda tajam.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1 Indonesia


3. Speaker Stereo

Mungkin sudah hal biasa sih dengan Speaker Stereo, namun tetep saja hadirnya speaker ini menjadi kelebihan dari POCO F5 ini. Terdapat speaker dengan konfigurasi stereo (ganda) pada POCO F5 untuk menambah asyik aktivitas menonton video dan main game. Speaker utama ada di sisi bawah, sedangkan speaker sekunder merangkap earpiece berada di bezel atas layar.

Speaker stereo dapat menciptakan nuansa yang lebih mengena, sehingga pengguna dapat tenggelam pada konten yang sedang ditonton atau game yang tengah dimainkan.


4. Performa Ngebut Snapdragon 7+ Gen 2

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Snapdragon 7 Plus Gen 2 nyaris menyaingi SoC Snapdragon 8 Series rilisan 2022. Alasannya adalah SoC ini punya CPU dengan mikroarsitektur Delapan inti. Seperti SoC flagship Qualcomm lain, CPU Snapdragon 7 Plus Gen 2 terbagi atas 1 Kryo Prime (2,91 GHz), 3 Kryo Gold (2,49 GHz), dan 4 Kryo Silver (1,8 GHz).

Delapan inti CPU pada Snapdragon 7 Plus Gen 2 ditemani beberapa komponen penting lain yang diantaranya adalah GPU Adreno 725 (580 MHz), ISP Spectra (mendukung kamera hingga 200 MP), prosesor AI Hexagon, dan modem 5G. Seluruh komponen dirakit dengan fabrikasi 4 nm oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Selain itu, performa Snapdragon 7 Plus Gen 2 pada POCO F5 juga didukung RAM 8 GB atau 12 GB LPDDR5, dengan memori internal 256 GB UFS 3.1. Selain itu terdapat fitur penambah RAM (Dynamic RAM) up to 8 GB yang akan menjadikan pengalaman bermain game semakin sat set sat set deh, kalau sekelas MLBB mah minion baru muncul udah bisa Victory deh Awok3x...

Sayangnya di POCO F5 ini tidak ada slot tambahan untuk SD Card, namun jangan khawatir karena kapasitas ROM nya sudah 256 GB seperti yang disebutkan sebelumnya, ya... cukuplah untuk menyimpan selfie alay sobat sekalian...

Baca Juga : Spesifikasi dan Kelebihan Redmi 10C di Indonesia


5. Tangkapan Kamera Utama Bisa Diandalkan

POCO F5 memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Tiga kamera belakangnya terdiri atas kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2; FoV 120 derajat), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Sementara itu, kamera depannya punya resolusi 16 MP.

Fitur autofokus dan OIS ada di kamera utama. Kamera utama pun jadi satu-satunya kamera yang bisa merekam video hingga resolusi 4K 30 fps. Dengan spesifikasi kamera yang diberikan seharusnya sudah dapat memenuhi ekspekstasi penggunanya untuk melakukan berbagai aktifitas seperti foto2 maupun membuat video vlog.


6. Daya Tahan Baterai Mantap

Salah satu faktor yang turut menentukan kenyamanan pakai suatu ponsel adalah baterai. Ponsel kencang dengan daya baterai yang buruk tentu bisa mengurangi rasa nyaman penggunanya. Namun, daya tahan baterai 5000 mAh POCO F5 termasuk bagus.

Saat digunakan harian ringan alias tanpa main game, POCO F5 dapat bertahan hingga dua hari dalam sekali cas. Baterai 5000 mAh mungkin sudah lumrah dan dapat dijumpai di banyak smartphone. Akan tetapi, kapasitas besar tidak sama dengan daya tahan baik.

Kembali lagi, faktor yang berperan besar terhadap daya tahan baterai HP ini adalah SoC Snapdragon 7+ Gen 2. SoC ini memang memiliki efisiensi daya yang baik, sehingga tidak banyak menyedot tenaga.

Selain awet, baterai POCO F5 juga dapat terisi dengan cepat berkat dukungan fast charging 67W. POCO mengeklaim, mengecas baterai dari kondisi kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 46 menit.

Baca Juga : Coba lihat, HP murah ini cocok untuk bermain EPEP!


7. Paket Penjualan Disertai Charger

Paket penjualan POCO F5 masih cukup lengkap. Aksesori yang disediakan di dalam boks meliputi SIM ejector (pencongkel laci kartu SIM), softcase transparan, kepala charger 67W, dan kabel USB C. Melihat fakta tersebut, konsumen tidak perlu dipusingkan lagi untuk membeli softcase dan charger secara terpisah.


Nah, itulah Spesifikasi dan Kelebihan POCO F5 yang Rilis di Indonesia yang dapat TEKNOTenar berikan dan semoga nanti pada saat digunakan tidak terjadi banyak kasus matot seperti kasus matot pada POCO X3 Pro beberapa waktu lalu.

Post a Comment for "Snapdragon 7+ Gen 2, Ini 7 Kelebihan POCO F5 yang Rilis di Indonesia"