7 Alasan Mengapa Harus Segera Membuat Channel YouTube


7 Alasan Membuat Channel Youtube ala TEKNOTenar.com

TEKNOTenar.com - Banyak orang mengira bahwa YouTube hanya sekedar media berbagi video untuk keperluan hiburan dan mencari tutorial. Namun hanya sedikit yang berpikir bahwa melalui youtube sebenarnya kita bisa menghasilkan uang yang bahkan tidak bisa dibilang sedikit. Bagi seorang youtuber, yaitu sebutan untuk konten kreator di youtube, penghasilan yang mereka dapatkan bahkan bisa lebih besar dari gaji anggota DPR sekalipun. Namun perjuangan dan kerja keras yang mereka lakukan untuk mendapatkan itu semua tentu tidak mudah dan pastinya memakan waktu yang tidak sebentar.

Nah, dipostingan kali ini Admin TEKNOTenar.com akan mencoba membuka pikiran sobat yang belum mengetahui dan mungkin sobat yang baru akan memulai membuat konten youtube agar niatnya lebih mantap lagi. Inilah 7 asalan mengapa sobat harus mulai membuat konten dan memiliki channel youtube sobat sendiri.

 

1. SARANA MENGEKSPRESIKAN DIRI

Melaui youtube, sobat bisa mengetahui potensi diri melalui konten yang sobat hasilkan … sehingga Membuat hati dan pikiran terasa lebih lega karena sudah berbagi. Sobat yang hobby membaca puisi bisa juga membuat konten puisi, sobat yang berprofesi sebagai guru bisa saja membuat konten yang berkaitan dengan kehidupan guru, suasana mengajar, suasana sekolah, berbagai kegiatan siswa dan sebagainya. Sobat yang hobby memancing bisa membuat konten tentang memancing, membuat dan meracik umpan yang bagus, mengenalkan jenis-jenis ikan dan sebagainya.

Intinya sobat ekspresikan kehidupan sehari-hari sobat baik itu profesi maupun hobby kedalam bentuk konten fresh, lucu, menginspirasi maupun menghibur yang nantinya dapat membuat nyaman penonton di youtube.

Baca Juga : Cara Memasang Video Youtube di Blog Paling Mudah


2. SARANA BERBAGI KEPADA SESAMA

Maksud berbagi disini adalah berbagi dalam hal misalnya berbagi pengalaman, cerita pribadi dan tutorial bermanfaat yang pastinya dapat berguna untuk penonton dan khalayak banyak.

Bagi sobat yang hobby kulineran dan liburan mungkin dapat berbagi pengalaman dan sekaligus review tempat makan yang enak, tempat wisata yang rekomended buat dikunjungi dan sebagainya. Bagi sobat yang suka memasak juag pastinya bisa membuat tutorial tentang memasak, baik itu memasak kue, manisan bahkan masakan tradisional, sobat bisa sekaligus berbagi resep dan berinteraksi dengan penonton di youtube.

Begitupun bagi sobat yang memiliki kemampuan mengoperasikan alat-alat, menggunakan aplikasi dan sebagainya bisa berbagi tutorial menggunakan aplikasi, membuat tutorial memeprbaiki sesuatu dan sebagainya. Sobat yang hobby gadget juga bisa membuat konten tentang ulasan gadget terbaru yang sedang hype di pasaran.

Intinya dari poin nomor dua ini adalah sobat bisa berbagi seluruh hal yang positive dan layak dibagikan agar dapat bermanfaat bagi orang banyak dan dalam hal ini penonton.

Baca Juga : Aplikasi Download Video Youtube Terbaik, Tercepat dan Gratis


3. MEMBANGUN PERTEMANAN BARU DAN MEMPERLUAS RELASI

Seperti yang kita tahu bahwa youtube juga merupakan media sosial seperti halnya Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan sebagainya yang juga dapat menambah pertemanan. Namun untuk youtube ini akan terasa lebih kompleks karena tidak ada fitur langsung untuk menambah dan menerima pertemanan  sebagaimana media sosial lainnya.

Namun meskipun begitu, pertemanan dapat terhubung dengan komunikasi yang baik sehingga nantinya akan terjalin relasi baik itu sesama konten kreator youtube maupun dengan penonton.

Pertemanan ini akan terbentuk dan terjalin biasanya dimulai dari saling membalas komentar, memberikan like dan memberikan tanda love di kolom komentar maupun di postingan.

Jika nanti konten sobat mempunyai ciri khas, tentu saja akan banyak penonton setia yang pasti balik lagi ke channel sobat setiap sobat mengupload video, nah... penonton setia inilah yang dinamakan fans, dan channel sobat adaleh base nya. Fansbase yang ramai dan kuat biasanya muncul di beranda komunitas. Jika kolom komunitas ramai atau komentar yang muncul banyak itu menandakan respon penonton yang baik dan fansbase yang kuat.

Baca Juga : Aplikasi Wajib Youtuber Modal Handphone alias HP

 

4. MEMBANGUN PERSONAL BRANDING DAN PROMOSI PRODUK

Siapa disini yang tidak mau menjadi terkenal? Semua orang pastinya ingin dikenal banyak orang di luaran sana. Berbagai cara dilakukan orang untuk menjadi terkenal, misalnya dengan meniti karir sebagai artist, penyanyi maupun bintang sinetron.

Namun sebenarnya ada cara lebih mudah untuk terkenal, yaitu dengan menjadi penjahat kelas kakap, sobat hanya perlu melakukan hal bodoh ini untuk terkenal, dijamin bakalan muncul dech di halaman utama koran dan majalah... awok3x......

Itu cuman serius ya sob ya, eh bercanda deng...

Ok lanjut. Sederhananya bergini. Kita yang notabenenya bukan artist atau orang kaya dari lahir tentu akan sulit dikenal orang, nah dengan membut konten yang mempunyai ciri khas inilah sobat nantinya akan dikenal banyak orang atau penonton youtube. Apalagi kalau konten sobat bermanfaat dan menghibur pastinya orang akan lebih mudah mengenal sobat. Inilah yang dinamakan dengan persolan branding.

Contonya saja jika membahas gadget orang pasti akan lebih dulu mengenal Bang David sebagai pemilik channel GadgetIn, begitupun dengan konten masak-memasak orang akan lebih dulu mengenal channel Farah Quin ketimbang channel masakan lain, dan seterusnya.

Personal branding ini tentu sangat penting, jika personal branding ini sudah terbentuk tentu akan banyak tawaran endorsement baik secara online maupun offline.

Nah, jika keduanya sudah mantap dalam hal ini personal branding dan fansbase maka sobat akan bisa melakukan promosi produk dengan budget yang minim, cukup upload video ke channel sobat dengan produk promosi didalamnya dan secara otomatis promosi tersampaikan ke khalayak ramai dalam sekejap.

Baca Juga : Cara Membuat Channel Youtube dari Awal sampai Menghasilkan Uang

 

5. MELATIH DISIPLIN DAN MENGASAH KEMAMPUAN DIRI SENDIRI

Membuat channel youtube memang mudah dan gratis, namun mengisinya dengan konten-konten berkualitas tentu saja tidak mudah dan akan terasa membosankan, terlebih lagi bagi channel baru yang belum menghasilkan uang.

Nah, dengan membuat konten youtube secara priodik atau terjadwal, sobat dilatih untuk disiplin dan konsisten, baik itu dalah manajemen waktu maupun dalam menentukan ide konten youtube sobat.

Dengan seringnya membuat konten youtube dan dilakukan secara berulang - ulang, sobat tentu saja dituntut untuk bisa menggunakan internet dengan bijak, belajar mengedit video sendiri, mengedit gambar untuk thumbnail bahkan dituntut untuk dapat mengoperasikan komputer, dan kesemuanya itu tentu saja selain untuk melatih disiplin dan konsistensi diri juga melatih dan mengasah kemampuan. Semuanya berhubungan bukan?

 

6. ADSENSE DAN ENDORSEMENT

Poin ke enam ini Admin rasa adalah yang paling penting dan bisa jadi yang dipikirkan para youtuber pemula adalah Adsense ini. Bagi yang belum mengetahui apa itu Adsense, Nah.. Adsense ini merupakan sebuah program partnership milik google dimana para konten kreator baik itu youtuber maupun blogger diharuskan untuk memiliki akun Adsense untuk menerima pembayaran mereka.

Dengan kita membuat channel youtube, bilamana channel youtubenya berkembang tentu saja sobat akan mendapatkan pembayaran yang fantastis juga. Intinya semakin bagus performa sebuah channel, semakin banyak penontonnya, semakin organik traffiknya maka akan semakin banyak uang yang konten kreator dapatkan.

Selain Adsense, hal berikutnya adalah endorsement, atau jasa promosi suatu produk atau jasa melalui channel atau blog milik sobat, dimana sewaktu - waktu jika channel sobat bagus dan retensi tontonya juga bagus, maka akan banyak brand - brand yang tertarik untuk melakukan kerjasama / endorsement dengan channel milik sobat ini dan tentu saja ini akan menambah pundi - pundi rupiah selain adsense. 


7. ASET DAN INVESTASI JANGKA PANJANG

Banyak orang tidak menyadari bahwa youtube juga bisa dimasukan kedalam bentuk investasi jangka panjang yang tetap dapat menghasilkan meskipun kita sedang tidur.

Yups, tidak seperti halnya kebun kelapa sawit, sawah, properti dan sebagainya. Channel youtube merupakan bentuk investasi digital yang sangat menguntungkan. Perlakukan ia layaknya aset yang harus dijaga keberadaanya, terus upload konten bermanfaat yang banyak dicari orang dan niscaya suatu saat nanti channel sobat berkembang, dimonetisasi dan dapat menghasilkan uang.

Nah, jika sobat merasa pusing bacanya.. sobat juga bisa coba lihat video dibawah ini ya...




Nah, bagaimana...???

Sudah tercerahkan atau malah semakin gelap awok3...

Itulah setidaknya 7 alasan mengapa sobat harus mulai membuat konten youtube menurut TEKNOTenar.com, dan tentu saja semua itu penuh perjuangan, kerja keras dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Selamat berjuang dan rasakan hasilnya.


1 comment for "7 Alasan Mengapa Harus Segera Membuat Channel YouTube"