Bikin Nyaman, Ini Dia 7 Dompet Digital di Indonesia yang Bikin Transaksi Semakin Mudah


E-Wallet DANA



TEKNOTenar.com - Dompet digital adalah bentuk pembayaran non-tunai yang menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi. Dalam dompet digital, pengguna dapat menyimpan uang dan menggunakannya untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant online maupun offline. Melalui dompet digital, pengguna biasanya dapat mengisi saldo dengan mentransfer uang dari rekening bank atau menggunakan kartu kredit. Setelah saldo terisi, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan smartphone atau perangkat elektronik lainnya yang terhubung dengan internet.

Konsep dompet digital atau e-wallet sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1990-an ketika pertama kali muncul teknologi kartu pintar (smart card). Namun, pada saat itu teknologi tersebut belum memadai sehingga belum bisa diadopsi secara luas oleh masyarakat.


Pada tahun 1997, IBM mengembangkan konsep dompet digital yang lebih modern dengan nama "Mondex". Konsep ini menggunakan teknologi smart card yang bisa disimpan di dalam sebuah kartu plastik dengan chip terintegrasi yang bisa menyimpan uang elektronik. Kemudian, pada tahun 1999, Paypal diluncurkan sebagai sebuah platform dompet digital pertama yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online. Paypal memiliki kelebihan seperti transaksi yang cepat, mudah, dan aman.

Pada tahun 2007, Apple meluncurkan iPhone pertama yang dilengkapi dengan aplikasi App Store. Dalam App Store ini, para developer bisa mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan untuk membayar dengan menggunakan teknologi nirkabel (wireless). Kemudian pada tahun 2011, Google meluncurkan Google Wallet sebagai aplikasi dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan mudah melalui perangkat Android.

Di Indonesia sendiri, dompet digital mulai dikenal sekitar tahun 2014-2015 ketika OVO diluncurkan. Sejak itu, muncul banyak dompet digital lainnya seperti yang akan TEKNOTenar.com bahas dibawah ini.

Secara keseluruhan, sejarah dompet digital berawal dari pengembangan teknologi smart card dan terus berkembang hingga saat ini dengan menggunakan teknologi mobile, nirkabel, dan internet yang semakin canggih dan terintegrasi. Hal ini menunjukkan bahwa dompet digital adalah salah satu inovasi yang terus berkembang dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai.

Segala sesuatu yang memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan, maka hal yang sama terjadi dengan dompet digital ini. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dompet digital :


Kelebihan dompet digital :

1. Kemudahan dan kecepatan dalam melakukan pembayaran.
2. Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, sehingga mengurangi risiko kehilangan atau pencurian uang.
3. Dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai merchant online maupun offline.
4. Banyak promo dan diskon khusus yang ditawarkan oleh dompet digital tertentu.
5. Dapat digunakan untuk transfer uang antar pengguna, membeli pulsa, dan membayar tagihan.
6. Lebih aman karena pengguna harus memasukkan kode keamanan atau sidik jari sebelum melakukan transaksi.
 

Kekurangan dompet digital :

1. Tidak semua merchant menerima pembayaran dengan dompet digital tertentu.
2. Ada biaya administrasi tertentu yang harus dibayarkan oleh pengguna saat melakukan top-up atau transaksi.
3. Tidak semua orang memiliki akses ke internet atau perangkat elektronik yang dibutuhkan untuk menggunakan dompet digital.
4. Ada risiko keamanan terkait dengan keamanan data pengguna dan kemungkinan terjadinya kebocoran informasi pribadi.
5. Jika terjadi kesalahan saat melakukan transaksi, proses untuk mengklaim kembali uang dapat memakan waktu dan prosedur yang rumit.


Meskipun demikian, secara umum dompet digital memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangan, sehingga semakin banyak orang yang menggunakan dompet digital untuk melakukan transaksi sehari-hari. Namun, sebaiknya pengguna harus tetap berhati-hati dan memilih dompet digital yang terpercaya serta mengikuti petunjuk keamanan yang disediakan oleh masing-masing aplikasi.



Di Indonesia, ada beberapa macam dompet digital yang populer digunakan oleh masyarakat, di antaranya :


OVO
OVO merupakan salah satu dompet digital yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant online maupun offline, seperti toko-toko retail, restoran, dan tempat parkir. Selain itu, pengguna OVO juga dapat mentransfer uang ke pengguna lain, membeli pulsa, dan membayar tagihan.


GoPay
GoPay adalah dompet digital yang dikembangkan oleh Gojek. Selain dapat digunakan untuk pembayaran di merchant Gojek seperti GoFood, GoRide, dan GoSend, GoPay juga dapat digunakan di merchant lain. GoPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa.


DANA
DANA adalah dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di merchant online dan offline, seperti restoran, toko retail, dan tempat parkir. DANA juga dapat digunakan untuk transfer uang antar pengguna, membeli pulsa, dan membayar tagihan.


LinkAja
LinkAja merupakan dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant online dan offline, transfer uang antar pengguna, membeli pulsa, dan membayar tagihan. LinkAja juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian tiket pesawat dan kereta api.



Jenius
Jenius adalah layanan perbankan digital yang memungkinkan pengguna untuk membuka rekening tabungan dan kartu debit secara online. Selain itu, Jenius juga menyediakan fitur-fitur dompet digital seperti pembayaran di merchant online dan offline, transfer uang antar pengguna, dan pembelian pulsa.


Sakuku
Sakuku adalah dompet digital yang dikembangkan oleh Bank BCA. Sakuku memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di merchant online dan offline, transfer uang antar pengguna, membeli pulsa, dan membayar tagihan.


T-Cash
T-Cash adalah dompet digital yang dikembangkan oleh Telkomsel. T-Cash memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di merchant online dan offline, transfer uang antar pengguna, membeli pulsa, dan membayar tagihan.



Nah, setidaknya itulah beberapa macam dompet digital yang populer di Indonesia. Tentunya masih ada banyak dompet digital lainnya yang tersedia di pasar, sebut saja ShopeePay yang sudah terintegrasi dengan aplikasi market terbesar saat ini. ShopeePay sendiri menyediakan kebutuhan PayLater yang dapat digunakan untuk berbelanja dengan sistem cicilan.

Sobat pernah pake yang mana aja nich... tulis di kolom komentar ya...

Salam Admin TEKNOTenar.com, Smart Tekno and Smart People.

Post a Comment for "Bikin Nyaman, Ini Dia 7 Dompet Digital di Indonesia yang Bikin Transaksi Semakin Mudah"