Blog VS YouTube, Mana yang lebih Menghasilkan Saat Ini?



TEKNOTenar.com - Blog VS YouTube, Mana yang Lebih Menguntungkan dan Menghasilkan banyak Uang saat ini ?

Pertanyaan diatas sebenarnya terlihat biasa saja namun dirasa kurang tepat. Terlihat biasa karena karena pada kenyataanya banyak dari kita bahkan para penggiat kedua konten tersebut pun masih belum mengetahui mana yang paling menguntungkan alias menghasilkan lebih banyak uang, namun terlihat kurang tepat karena seolah mendasarkan penghasilan atau keuntungan dari jenis platform yang digunakan yaitu Blog atau Youtube.

Baca Juga : Cara Membuat Channel YouTube dari Awal sampai Menghasilkan Uang

Pertanyaan diatas juga sebenarnya akan sangat mudah dijawab dan dianalisa kebenaran jawabannya jika sudah merasakan penghasilan dari kedua buah platform diatas dalam artian mereka harus berkecimpung di dunia blog maupun youtube secara bersamaan. Seperti banya juga blogger sekaligus youtuber seperti Mastimon dan juga yang lainnya, mereka tentu sudah merasakan seluk beluk dan juga suka duka menjalani content creator di kedua aplikasi besutan google tersebut.

Namun kembali lagi ke pertanyaan, sebenarnya lebih menghasilkan mana antara blog dan youtube? Nah, pada dasarnya penghasilan kedua platform tersebut sama - sama masih berpeluang besar untuk menghasilkan uang dari internet. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber penghasilan seorang blogger maupun youtuber adalah melalui iklan yang ditayangkan advertiser di konten mereka, jadi semakin banyak tayangan iklan maka semakin besar juga mereka mendapatkan penghasilan. Jadi intinya semua itu tergantung pada jumlah kunjungan halaman alias traffic dan juga jumlah view pada konten video youtube.

Baca Juga : Aplikasi Youtuber Modal HP yang Wajib di Instal di Smartphone

Jika kunjungan di blog lebih banyak perharinya kemungkinan penghasilan akan lebih banyak di blog, begitupun sebaliknya jika view video di youtube lebih banyak tentu saja penghasilan dari youtube yang bakal lebih besar. Nah, dari pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa platform tidaklah jadi patokan utama penghasilan namun lebih menitikberatkan pada traffik atau pengunjung situs blog maupun, channel youtube.

Sebagai perbandingan berikut ini adalah screen shoot penghasilan dari dashboard youtube dan blog salahsatu sobat TEKNOTenar yang berhasil di monetisasi belum lama ini.


Contoh Penghasilan Blog


Namun perlu diketahui bahwa penghasilan tersebut kerap dibarengi dengan Pembatasan Iklan Adsense yang selama beberapa bulan terakhir sudah 3 kali kena pembatasan, dan screenshot diatas dalam kondisi pembatasan iklan adsense yang ke 4 kali. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Pembatasan Iklan AdSense Paling Mudah

Sementara Traffik dari blog diatas adalah sebagai berikut,

Contoh Traffik Blog (Pembatasan)


Blog dengan traffik atau pengunjung kurang dari 500 view perhari sebenarnya bisa sampai 10 ribu atau bahkan lebih tinggi tergantung CPC dan juga banyaknya klik pada iklan yang tampil. Tampak penghasilan senilai 349.000 yang sudah masuk ke google adsense dari posisi monetisasi pada bulan Februari lalu atau sekitar 7 bulan sampai artikel ini rilis.

Baca Juga : Cara Terbaru Menaikan CPC dan Blokir Iklan CPC Rendah Iklan di Google AdSense

Sebagai perbandingan dibawah ini adalah screen shot dari dashboard youtube dan juga laman adsense untuk youtube yang baru di monetisasi bulan September lalu, atau baru satu bulan sampai artikel ini rilis.


Contoh Penghasilan YouTube



Bisa sobat lihat bahwa penghasilan di dashboard youtube yang baru satu bulan monetisasi senilai 270.000 dan ini tentu lebih banyak dari blog diatas, namun perlu digaris bawahi bahwa penghasilan youtube akan bertambah per 1000 view yang artinya channel youtube tersebut mendapat view minimal 1000 perharinya, berbeda dengan blog diatas yang hanya memiliki 200 view saja.

Contoh Penghasilan YouTube yang sudah masuk ke AdSense


Nah, gambar diatas merupakan penghasilan youtube yang sudah masuk ke google adsense, karena untuk saat ini penghasilan blog dan youtube sistemnya di pisah dan kita sebagai konten kreator bisa dengan mudah melihat dan menganalisa penghasilan dari masing - masing platform sehingga memungkinkan creator untuk menemukan fashion mereka.

Baca Juga : Cara Merubah Domain Blogspot Menjadi COM Paling Mudah

Nah, bagaimana sob...? masih berminat menjadi blogger atau bahkan youtuber?

Kesimpulannya adalah mana yang lebih menguntungkan atau labih menghasilkan uang dari internet semua tergantung pada jumlah traffik blog maupun youtube, karena seberapa kerenpun konten artikel maupun video youtube jika tidak ada yang nonton ya tentu saja tidak akan menghasilkan.

Sebaliknya konten remeh temeh yang menurut kita kurang keren bahkan terkesan direkam dan dibuat asal - asalan namun bahkan malah ramai pengunjung dan viral nah justru itu yang sebenarnya sumber cuan atau penghasil uang bagi konten kreator, maka tidak heran banyak public figur, artis dan orang terkenal yang terkadang mencari sensasi demi konten mereka.

Youtube maupun blog sama - sama berpeluang besar untuk menghasilkan ya sob ya, tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk semua kembali lagi kepada fashion sobat dan pembaca teknotenar.com, sobat nyaman dimana apakah blog ataukah youtube, membuat artikel berguna yang banyak dibutuhkan ataukah membuat video youtube viral, semua ada plus minusnya.

Baca Juga : Kelebihan Domain ID untuk Bisnis dan Toko Online

Sebagai contoh, youtube saai ini mengharuskan content creator memenuhi syarat monetisasi yaitu minimum memperoleh 1000 subscriber dan juga 4000 total jam tayang selama 12 bulan terakhir, baru kemudian mendaftar ke adsense. Proses itupun tentunya tidak mudah karena youtube sendiri mempunyai sistem canggih yang mampu menilai kualitas konten dan mendeteksi duplikat dan musik yang berlisensi.

Berbeda dengan blog, sebenarnya syarat monetisasi blog tidak ada ketentuan yang jelas selain kualitas konten yang tidak melanggar komunitas mereka. Tidak ada batasan minimum jumlah artikel dan jumlah pengunjung, blog sudah bisa didaftarkan ke google adsense walaupun baru beberapa artikel saja, jika kualitas artikel original, unik dan lolos deteksi duplikasi maka dipastikan blog sobat bakal segera di monetisasi dan siap menampilkan iklan. Blog TEKNOTenar sendiri berhasil di monetisasi dalam posisi artikel sebanyak 21 artikel dan pengunjung saat itu di posisi 1000 - 4000 perhari.

Baca Juga : 10 Cara Ampuh Menambah dan Menaikan Traffik Blog dengan Mudah

Namun sekali lagi itu tidak jadi patokan karena fakta dilapangan bahkan ada yang kurang dati syarat diatas nyatanya sudah berhasil di monetisasi.

Jadi bagi sobat yang ingin memulai menjadi konten kreator baik di youtube maupun blog selamat berjuang dan tetap konsisten dengan apa yang kita lakukan, maka penghasilan akan mengikuti usaha kita...

Nah, mungkin cukup itu dulu ya sob informasi pada kali ini, jangan lupa kunjungi juga channel youtube TEKNOTenar untuk informasi bermanfaat lainnya.

Salam admin TEKNOTenar, Smart Tekno for Smart People.

Post a Comment for "Blog VS YouTube, Mana yang lebih Menghasilkan Saat Ini?"