UPDATE - Sebaiknya Lakukan ini Saat Kena Pembatasan AdSense Terbaru



TEKNOTenar.com - Mungkin banyak disini para content creator baik itu blogger, youtuber maupun flatform lain yang notabenenya meraup pundi - pundi dolar melalui google adsense yang kerap kali mendapatkan email yang isinya adalah pembatasan iklan atau ads serving limit. Nah, sebenarnya ads serving limit alias pembatasan iklan di akun google adsense ini merupakan hal yang wajar dan kerap kali terjadi di waktu - waktu tertentu, mereka yang sudah berkecimpung di dunia blogging tentu sudah tidak asing lagi dengan pembatasa iklan ini.

Okeh lanjut. Pertanyaan yang sering muncul terutama di kalangan pengguna google adsense baru adalah seperti dibawah ini :

  1. Apa itu pembatasan iklan atau ads serving limit di akun google adsense?
  2. Apa penyebab akun google adsense mendapat pembatasan iklan?
  3. Berapa lama pembatasan iklan pada google adsense?
  4. Bagaimana cara agar terlepas dari pembatasan iklan google adsense?
  5. Apa saja tips atau trik agat tidak lagi mendapat pembatasan iklan google adsense pada waktu berikutnya?

Nah, untuk memahami jawaban dari pertanyaan diatas sebaiknya kita jernihkan dulu pikiran dan buat setenang mungkin karena mungkin saja jawaban yang TEKNOTenar bagikan ini tidak memuaskan bagi siapapun yang membacanya, terlebih ini adalah hasil analisa dari beberapa kali pembatasan iklan yang juga pernah TEKNOTenar hadapi beberapa bulan kebelakang.

Sebenarnya jawaban dari beberapa pertanyaan diatas sudah google paparkan dalam laman Q & A mereka, sobat tinggal search saja di situs resmi bantuan adsense. Namun bagi sobat yang penasaran silakan pahami tulisan dibawah ini.


Pertanyaan 1 : Apa itu pembatasan iklan atau ads serving limit di akun google adsense?

Seperti namanya, pembatasan yaitu dibatasi / tidak ditampikan secara utuh / separuh, dst. Adapun yang dibatasi disini adalah jumlah iklan dari pihak advertiser yang biasanya ditampilkan atau tayang di halaman website, blog maupun youtube milik content creator akan berkurang intensitasnya bahkan pada banyak kasus iklan tidak akan ditampilkan sama sekali selama masa pembatasan iklan ini.

Baca Juga : Sisi Gelap Jaringan 5G di Dunia yang Perlu di Waspadai !


Pertanyaan 2 : Apa penyebab akun google adsense mendapat pembatasan iklan?

Hal ini merupakan pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dan paling sering juga tampil di laman utama mesin pencarian. Penyebabnya tentu bisa bermacam - macam, diantaranya yaitu trafik tidak valid, yaitu lalu lintas pengunjung yang dicurigai bukan berasal dari hasil pencarian secara organik lewat mesin pencari melainkan dari traffic bot, serangan jingling, paid traffic, traffic suntikan dan sebagainya. Namun sayangnya paid traffic dari Facebook Ads banyak juga dideteksi sebagai penyebab iklan dibatasi.

Masih berkaitan dengan masalah trafik, walaupun pada analytic trafik blog sobat hampir 90% adalah hasil penelusuran organik, namun ternyata trafik yang rendah atau kurangnya pengunjung sebuah blog juga bisa menyebabkan akan dibatasinya iklan yang tampil, hal ini dilakukan google adsense sebagai tindakan " mencegah kerugian " karena trafik yang sedikit tentu dirasa topik atau blog tersebut kurang diminati sehingga google menilai memasang iklan di blog tersebut akan sia - sia karena tidak banyak menggapai pengunjung. 

Kemudian masih berhubungan dengan trafik, sistem google akan secara realtime melihat perubahan dan menilai kualitas traffik blog atau website sobat atau menurut istilahnya adalah " akun sedang dinilai ". Secara sederhananya, perubahan trafik adalah banyaknya trafik rata - rata perhari dari pengunjung blog, sedangkan kualitas trafik berarti waktu yang dihabiskan oleh pengunjung saat berada di blog sobat, jika pada youtube itu namanya adalah watch time sebuah video, semakin banyak pengunjung yang betah berlama - lama berada di blog kita maka nilai blog kita akan naik di SERP atau ranking mesin pencari dan begitu juga sebaliknya. Kualitas trafik yang buruk akan berakibat buruk pada blog sobat, maka pastikan membuat pembaca betah membaca artikel dan berada di blog yang sobat bangun.

Selain itu, aktivitas illegal seperti klik iklan sendiri, membuka blog sendiri, menonton video sendiri dari perangkat dengan IP Address yang sama atau berdekatan juga bisa memicu adanya pembatasan iklan di adsense ini.


Pertanyaan 3 : Barapa lama pembatasan pada google adsense?

Hal ini juga merupakan pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dan sampai saat ini admin juga masih belum bisa menjawabnya. Namun berdasarkan pengalaman pembatasan iklan akan bervariasi mulai dari hanya 3 hari, 14 hari, 30 hari bahkan sampai berbulan - bulan. Laman resmi google juga tidak memberikan rincian waktu berapa lamanya pembatasan iklan akan hilang namun hanya menyebutkan bisa berkisar antara 30 hari bahkan lebih. Nah, selama proses pembatasan iklan tersebut pihak google akan secara otomatis menilai dan melihat perubahan traffik pada akun sobat dan secara berkala akan mengupdate status pembatasan tersebut.

Intinya, untuk waktu cooldown dari pembatasan iklan ini adalah tidak dapat ditentukan, perbaiki terus kualitas pengunjung dan kualitas artikel alias konten sobat.


Pertanyaan 4 : Bagaimana agar terlepas dari pembatasan iklan adsense?

Pada postingan sebelumnya di blog ini yang bisa sobat baca disini yaitu cara mengatasi pembatasan iklan google adsense bisa sobat praktekan. Cara tersebut pasti berhasil AKAN TETAPI TERNYATA cara tersebut TIDAK BERTAHAN LAMA ALIAS SEMENTARA saja dan tidak permanen seperti yang ditulis blogger2 diluar sana. Ya, apalagi kalau bukan melepas kode iklan adsense pada blog. Bagi sobat yang tengah mengalami pembatasan iklan google adsense sebaiknya dan seharusnya untuk tidak pernah melepas kode iklan karena cara tersebut sudah usang dan dipastikan tidak akan berhasil lagi, sistem dan algoritma google terus diperbaharui untuk melawan praktik kecurangan seperti ini.

Nah bagaimana cara mengatasinya? JAWABANNYA ADALAH TIDAK ADA CARA MENGATASINYA SELAIN TETAP UPDATE KONTEN ARTIKEL DAN BANGUN TRAFFIK ORGANIK. Nah... bagaimana cukup simpel bukan sebenarnya sob? Namun kebanyakan dari blogger mau[un youtuber akan mengalami down saat akun mereka mengalami atau terkena pembatasan iklan adsense sehingga mereka akan malas memperbaharui maupun membuat konten baru lagi dan terkesan membiarkan saja pembatasan itu hilang dengan sendirinya. Betul, pembatasan iklan akan hilang dengan sendirinya namun waktunya yang tidak bisa kita prediksi, bisa jadi semakin sering mendapat pembatasan iklan maka waktu yang dibutuhkan untuk pulih akan semakin lama, dan dengan rajin mengupdate dan mengisi konten akan membangun kualitas audiens alias pengunjung sehingga mempercepat terbentuknya traffik organik yang sehat... dan terntu saja akan membuat periode pembatasan iklan semakin singkat.


Pertanyaan 5 : Apa saja tips atau trik agat tidak lagi mendapat pembatasan iklan google adsense pada waktu berikutnya?

Sebenarnya tidak ada tips khusus, semuanya sudah tertulis dengan jelas di laman bantuan google adsense, seperti membuat konten original, tidak melakukan klik iklan sendiri, dan sebagainya yang intinya tidak melakukan pelanggaran komunitas google adsense itu sendiri.

Sekarang yang bisa sobat lakukan untuk menghindarkan dari pembatasan iklan adalah dengan terus membangun traffik organik yang solid dan mengisi blog sobat dengan konten original. Jangan menjadi down karena masalah pembatasan akun adsense karena hal tersebut adalah biasa terjadi. Google akan terus menilai kualitas traffik sobat, jika selama pembatasan traffik tetap bertahan bahkan malah lebih banyak dari sebelumnya maka bisa jadi adsense sobat tidak akan lagi kena pembatasan karena google sudah meilihat dan menilai akun adsense sobat.

Sederhananya begini ya sob ya, jangan hiraukan pembatasan iklan akun adsense, biarkan itu menjadi tugas google karena memang dilakukan secara berkala dan otomatis, tugas kita sebagai content creator haruslah fokus sehingga dapat terbangun traffik organik yang berkualitas, selain untuk meningkatkan SERP juga tentu dapat meningkatkan pendapatan adsense sobat.


Jadi kesimpulannya adalah [embatasan iklan di akun google adsense merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan secara otomatis oleh sistem google adsense ketika mendeteksi adanya perubahan trafik pada blog atau youtube yang berpengaruh pada pendapatan, seperti pelonjakan trafik secara drastis yang mencurigakan / bukan dari sumber organik sehingga penghasilan yang didapatkan meningkat tidak seperti biasanya. Pembatasan iklan ini berarti iklan dari pihak advertiser yang biasanya ditampilkan pada blog, website maupun youtube ditahan, dibatasi bahkan tidak akan tampil sama sekali sehingga tidak akan ada pemasukan atau pembagian hasil bagi content creator.

Hal ini adalah wajar dan memang dilakukan secara berkala dan otomatis, sekali lagi sobat tidak perlu khawatir dan panik, lakukan update artikel seperti biasa dan tetap perhatikan pedoman komunitas sehingga tidak ada yang melanggar kebijakan google.

Walaupun misalnya blog sobat terkena AGC, maka hiraukan saja... google lebih tau mana artikel yang asli dan mana yang hanya copy paste, blog hasil copas tidak akan bertahan lama di SERP google dan secara bertahap akan terhapus sendiri.

Bagaimana bila terkena pembatasan berkali - kali padahal traffik organik? Nah.. ini yang jadi persoalan sebenarnya....

Maka yang harus dilakukan adalah dengan terus membuat artikel yang berkualitas, dalam hal ini google mungkin belum yakin dengan akun adsense sobat sehingga diterapkan pembatasan. Hal ini kerap terjadi pada akun baru yang mana pada awalnya akun baru sering disalahgunakan untuk meraup keuntungan dari iklan dengan cara yang tidak sehat. Maka melalui sistem algoritma baru, google berusaha mencegah hal itu terjadi sehingga akun yang baru menetas tidak akan bisa lagi meraup keuntungan dari iklan dengan mudah dan cepat.

Semoga bermanfaat...

3 comments for "UPDATE - Sebaiknya Lakukan ini Saat Kena Pembatasan AdSense Terbaru"

  1. pusing gan kalo lagi kena pembatasan hehe

    ReplyDelete
  2. punyaku baru saja kena limit

    gak tau kok bisa gitu

    bikin shock berat

    dan gak tau juga, blog mana yang sebenarnya bermasalah, karena trafik juga aman-aman aja, dan juga organik

    semua iklan di semua blog pada hilang

    lagi pusing

    ReplyDelete