Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta, Masih Bisa Nabung ?


TEKNOTenar.com - Siapa sih yang tidak pusing saat harus mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta? Tentu akan sangat sulit membagi - bagi uang senilai tersebut untuk berbagai kebutuhan. Bagi sebagian orang gaji 1 juta terbilang sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan sebuah keluarga pada saat ini, meskipun hanya keluarga kecil yang terdiri dari suami, istri dan satu anak mengingat kenaikan berbagai macam barang dan jasa yang seolah tidak bisa berkompromi dengan kantong pekerja kelas bawah. Oleh karena itu, bagi ibu rumah tangga biasanya harus ekstra berhemat, ekstra sabar dan pandai - pandai agar dapat bertahan dengan gaji suami yang hanya 1 juta tersebut.

Nah, berikut ini admin TEKNOTenar akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara mengelola atau mengatur keuangan keluarga dengan gaji 1 juta yang siapa tahu dapat bermanfaat dan memberikan sedikit pencerahan bagi sobat - sobat yang membutuhkan.


1. Tanamkan Rasa Syukur

Pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan rasa syukur bahwa meskipun dengan gaji 1 juta, namun sampai saat ini kenyataannya masih diberikan hidup dan kesehatan yang prima. Memang sangat sulit untuk menanamkan rasa syukur dibalik kenyataan berbagai keperluan yang kadang tidak terpenuhi, namun sekali lagi yakinlah bahwa ini bukan untuk seterusnya. Sekali - kali coba lihat kebawah dan perhatikan orang - orang disekitarmu yang lebih susah hidupnya, penuh keterbatasan, dalam keadaan sakit menahun bahkan yang tengah menganggur.

Dengan rasa syukur, penghasilan berapapun bakal terasa cukup, namun jika tidak mempunyai rasa syukur maka gaji 1 milyar pun tetap terasa kurang. Percayalah bahwa semakin besar penghasilan seseorang maka secara otomatis kebutuhan dan gaya hidup pun akan meningkat.

Baca Juga : 5 Cara Aneh untuk Mendapatkan Uang dari Internet dan Berhasil


2. Buat Catatan Keuangan

Membuat serta merinci daftar - daftar kebutuhan dari yang prioritas sampai yang hanya sekedar hiburan yang bisa diabaikan atau dicarikan solusi alternatifnya. Membuat catatan keuangan ini sangatlah penting, hal ini berguna agar meski dengan gaji 1 juta namun nantinya sobat dapat menggunakan uang tersebut dengan semaksimal mungkin hingga dapat bertahan sampai dengan 1 bulan atau sampai dengan gajian berikutnya.

Mulailah dengan mencatat kebutuhan primer seperti biaya makan, dalam hal ini memasak sendiri adalah langkah bijak daripada membeli makan diluar, dengan gaji 1 juta sobat bisa mengatur apa - apa saja yang harus dibeli dan tidak harus dibeli (untuk sekarang).


3. Buat Pembagian Dana Di Awal Gajian

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pembagian dana atau gaji di awal, kenapa hal ini dilakukan diawal atau ketika menerima gaji? hal ini dilakukan untuk menghindari terpakainya dana tersebut untuk hal lain yang biasanya tidak terlalu penting.

Baca Juga : Tips Agar Bagun Pagi Lebih Awal dengan Perasaan Segar

Contoh pembagiannya yaitu sobat bisa membaginya dengan perhitungan 70% untuk kebutuhan primer dan 30% untuk kebutuhan sekunder yang termasuk didalamnya menabung dan investasi.

Misalnya dengan gaji 1 juta sobat bisa menyisihkan sebesar 700.000 untuk kebutuhan primer seperti membeli beras dan perlaukannya, membayar tagihan listrik, air dan sebagainya.

Lalu sisa 300.000 sobat bisa gunakan sebesar 150.000 untuk ditabung, 50.000 untuk investasi, kemudian sisa 100.000 untuk hiburan dan pengeluaran tidak terduga yang jika tidak digunakan sobat bisa menambahkannya pada saldo tabungan. Sementara untuk investasi sobat bisa menggunakannya untuk membeli buku, ikut seminar atau hal lain yang bisa menambah wawasan dan ilmu sobat sekalian.


4. Mulai Bisnis Sampingan

Meskipun dengan gaji 1 juta bukan tidak mungkin kalau sobat ingin memulai bisnis sampingan, bisnis sampingan dengan modal kecil mungkin  terdengar mustahil namun selama sobat ingin memulai dengan tekad dan keyakinan akan berhasil maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Baca Juga : Agar Jadi Reseller Sukses, Dimulai dari Hal Kecil Ini


Dengan modal 100.000 sampai 300.000 saja sobat sudah bisa mulai menjual jajanan - jajanan kecil yang digemari anak - anak, sobat juga tidak perlu meyediakan produk sendiri namun bisa mengambil dari tetangga atau warung untuk dijual kembali dengan margin keuntungan yang lumayan.

Atau sobat bisa juga mulai menjual pulsa dan paket data, nah untuk modal menjual pulsa bisa meminjam ke saudara atau dari tabungan yang sobat kumpulkan, namun untuk jualan pulsa ini sebisa mungkin dan harus adalah jangan memberikan hutang ke siapapun bahkan ke diri sendiri. Karena dengan memberikan hutang maka akan sangat sulit untuk memutar modal yang ada bahkan modal bisa habis tak bersisa.


5. Jangan tergoda Pinjol

Pinjaman Online atau pinjol biasanya menargetkan mereka dengan penghasilan pas - pasan untuk calon konsumennya, namun jangan mudah terbujuk rayu sales karena pinjaman online akan sangat merugikan sobat, selagi lancar membayarpun sobat sudah dirugikan apalagi sampai telat, maka bunga pinjaman akan terus membengkak dan sobat akan kesulitan melunasinya di kemudian hari.

Daripada tergoda pinjol atau rentenir lain, ada baiknya jika sobat mempunyai kenalan atau saudara untuk diajak bekerja sama meminnjam uang ke bank langsung dan memulai usaha bersama.

Baca Juga : Daftar Pinjaman Online Terbaru Terlisensi OJK 2022


6. Perluas Relasi

Tips tambahan untuk yang bergaji 1 juta, maka perluaslah relasi dengan kerabat, tetangga maupun kenalan lain... misalnya sering membantu saat hajatan ataupun acara - acara lainnya di lingkungan tempat tinggal, maka secara otomatis rezeki akan berdatangan silih berganti, meskipun kecil namun berkelanjutan. Bahkan dengan relasi luas dan kuat bukan tidak mungkin sobat bakal dapat pekerjaan yang lebih baik dan dengan gaji yang lebih baik pula.

Baca Juga : Cara Melunasi Tagihan Shopee PayLater Sekaligus


Nah, itulah sedikit tips mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta versi TEKNOTenar.com, sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin selama sobat dan kita semua ingin berubah, namun pastikan jalan untuk melakukan perubahan tersebut ialah dijalan yang benar dan tidak bertentangan dengan norma maupun hukum.










1 comment for "Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta, Masih Bisa Nabung ?"

  1. Porsi menabung selalu ditempatkan di awal, jadi misal porsi untukkebutuhan sehari2 ternyata kurang, itu tanda untuk membuat pemasukan baru.
    Itu adalah review singkat dari bacaan buku "Habiskan saja gajimu". Jadi, berapapun gajinya, selalu ada slot untuk investasi ya

    ReplyDelete